Pakistan Ejek Misi Militer AS di Afghanistan

Kegagalan keamanan Amerika di Afghanistan terlihat dari kejadian-kejadian minggu ini ketika menteri luar negeri Rex Tillerson tidak bisa keluar dari pangkalan militer dan mengundang pemimpin-pemimpin Afghanistan ke dalam bunkernya untuk bertemu, demikian kata Menlu Pakistan pada Kamis (26/10).

“Situasi ini memperlihatkan keseluruhan kegagalan Amerika, meskipun telah bertempur selama 16 tahun,” kata Menlu Khawaja Asif. Dia memberi briefing kepada komite parlemen untuk masalah luar negeri di Islamabad.

Pakistan sedang mengusahakan hubungan yang transparan berdasarkan kesetaraan dengan Amerika dan siap memberikan kerjasama penuh dalam memerangi terorisme, tetapi tanpa mengorbankan kedaulatannya dan kalau ada upaya mengkambing-hitamkan Islamabad tidak akan diterima, demikian kata menteri.

Tillerson mengunjungi Afghanistan Senin di mana dia tinggal dua jam dan berbicara dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan pemimpin-pemimpin lainnya di pangkalan militer Bagram, sekitar 60 kilometer utara Kabul. Pejabat mengutip keprihatinan keamanan sebagai penyebab penyelenggaraan pertemuan itu di pangkalan. [jm]

Sumber RSS / Copyright : voaindonesia.com