Pedagang Baju Muslim Raup Omzet Puluhan Juta Sehari

Metrotvnews.com, Jakarta: Para pedagang baju muslim di Pasar Tanah Abang kebanjiran rezeki menjelang Lebaran atau Idulfitri 1438 Hijriah. Setidaknya omzet yang diperoleh pedagang dalam sehari mencapai puluhan juta atau rata-rata Rp250 juta hingga Rp300 juta sepekan.

Ayu, 21, pegawai toko EF-ER di Blok B Pasar Tanah Abang mengatakan, omzet Lebaran tahun ini meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Laba yang diperoleh membuat toko grosiran pakaian muslim ini meraup untung ratusan juta selama sepekan.

“Lebih tinggi tahun ini dari tahun kemarin 20 persen lebih tinggi, omzet satu minggunya hampir 3.000 potong. Ya ratusan juta lah,” ujar Ayu kepada Metrotvnews.com di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, seperti diberitakan Minggu 25 Juni 2017.

Menurut Ayu, penjualan pakaian muslim justru meningkat sebulan sebelum Ramadan. Sebab, puluhan toko di daerah sudah memesan jauh-jauh hari agar tak kehabisan stok. Adapun baju koko dan gamis menjadi pakaian muslim yang paling laris menjelang Lebaran.

“Kebanyakan dari toko yang suplai di daerah dan yang paling banyak laku itu baju gamis syari’ sama koko,” tuturnya.

Meski penjualan meningkat, Ayu tak mematok harga tinggi. Dia tetap menjual dengan harga biasa mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta. Pihaknya juga sudah melakukan antisipasi lonjakan permintaan dengan menambah stok baju muslim beberapa bulan menjelang puasa.

“Harganya tetap sama kok, kita antisipasi dengan nyetok banyak,” tambah Ayu.

Sementara itu, pemilik toko pakaian muslim Esty Collection, Uum, 45, mengeluhkan penurunan omzet menjelang Lebaran. Dibanding tahun lalu, Uum hanya meraup untung hingga Rp30 juta sehari.

“Agak berkurang dan agak merosot, sehari minimal Rp30 juta dibanding hari biasa ya lumayanlah,” ungkap dia.

Sementara Uum, yang memiliki tiga toko di Blok B Pasar Tanah Abang ini mampu menjual 200 potong lebih pakaian muslim dalam sehari. Menurutnya, baju koko menjadi pakaian yang paling laris selama Ramadan ini.

“200 potong lebih untuk satu toko paling laki baju koko,” tandasnya.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com