Pemegang Saham WOM Finance Setujui Tujuh Agenda

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk Tahun Buku 2016. Setidaknya dalam RUPS tersebut para pemegang saham menyetujui tujuh agenda.

Adapun tujuh agenda tersebut yaitu pertama, laporan kegiatan perseroan Tahun Buku 2016. Kedua, pengesahan perhitungan tahunan perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Ketiga, penetapan penggunaan laba perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.

Keempat, penunjukan akuntan publik yang akan melakukan audit terhadap laporan keuangan perseroan yang berakhir pada 31 Desember 2017. Kelima, pengangkatan anggota dewan komisaris, direksi dan dewan pengawas syariah perseroan sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan. Keenam, penetapan pembagian tugas dan wewenang para anggota direksi perseroan untuk Tahun Buku 2017.

Ketujuh, penetapan besarnya uang jasa dan tunjangan lainnya untuk para anggota dewan komisaris dan para anggota dewan pengawas syariah, serta pelimpahan wewenang kepada dewan komisaris untuk menetapkan besarnya gaji/honorarium dan/atau tunjangan lain bagi para anggota direksi perseroan untuk Tahun Buku 2017.

Disamping itu, dalam RUPSLB, para pemegang saham menyetujui agenda atas rencana mengalihkan, melepaskan hak atau menjaminkan sebagian besar atau seluruh piutang milik perseroan dalam rangka perolehan pinjaman dan/atau pendanaan dari lembaga keuangan bank maupun bukan bank baik dalam negeri maupun luar negeri pada Tahun Buku 2017.

Presiden Direktur WOMF Djaja Suryanto Sutandar mengemukakan, dalam menghadapi persaingan kian pesat dalam bisnis pembiayaan sepeda motor, perseroan melakukan perbaikan-perbaikan fundamental baik dalam aspek keuangan ataupun nonkeuangan yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami menerapkan ekspansi yang selektif dengan target pertumbuhan keuntungan yang diimbangi dengan kualitas aset yang baik,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Melalui penerapan strategi, hingga akhir Desember 2016, total aset naik 26 persen sebesar Rp6,67 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp5,30 triliun. Total ekuitas naik sebesar tujuh persen dari Rp755 miliar menjadi Rp815 miliar pada 2016. Sedangkan laba bersih perusahaan melonjak 384 persen atau menjadi Rp60,3 miliar dari Rp15,7 miliar pada 2015.

Suryanto mengatakan, realisasi pembiayaan baru WOM Finance pada 2016 tercatat sebesar Rp5,3 triliun. Realisasi tersebut diperkirakan tidak jauh berbeda untuk tahun ini yaitu sebesar Rp5,5 triliun. Sementara itu, total realisasi sepeda motor yang dibiayai WOMF pada 2016 sebanyak 429.000 dan untuk tahun ini, total realisasi tersebut diprediksi sebanyak 430.000 unit.

“Target kami pada tahun ini, baik dalam hal nilai dan total volume sepeda motor yang dibiayai WOM Finance tampaknya tidak jauh berbeda dengan pencapaian kinerja usaha pada 2016, bahkan kemungkinan ada sedikit penurunan. Pasalnya, penjualan sepeda motor baru pada triwulan pertama tahun ini sudah mengalami penurunan delapan persen,” ungkap Suryanto.

(ABD)

Copyright : metrotvnews.com