Pemerintah Rumuskan Aturan Minimarket tak Boleh Masuk ke Permukiman

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan mengatur keberadaan convenience store atau toko ritel seperti minimarket untuk melindungi pasar tradisional.

Salah satu pengaturan yang tengah dipertimbangkan yakni mengatur zonasi atau letak agar tak berdekatan dengan pasar tradisional.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, keberadaan minimarket hanya boleh didirikan di jalan-jalan tertentu saja.

“Minimarket itu ke depan dibolehkan di jalan, atau kelas jalan tertentu, tidak boleh masuk ke permukiman,” kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 2 Mei 2017.

Dia bilang, nantinya ketentuan tersebut akan diatur melalu Peraturan Presiden (Perpres) yang tengah disusun.

Selain zona atau letak, Pemerintah juga akan mengatur suplai barang atau produknya. Dia tak mau, suatu minimarket mengambil barang tertentu dari suatu UMKM atau penggiat, namun dinamakan sebagai hasil produk dari toko tersebut.

Sebab, di beberapa minimarket saat ini, sudah ada yang menjual produk seperti kurma, beras, gula atau yang lainnya dengan diberi nama berdasarkan toko tersebut.

“Jadi jangan sampai mereka mulai membeli perusahaan yang lain, nanti orang punya cabai kering dibeli dipasang merek dia,” ujar Darmin.

Namun demikian, lanjut Mantan Gubernur Bank Indonesia ini, Pemerintah masih perlu waktu untuk membuat aturannya, sebab, diakui untuk mengatur keberadaan minimarket itu bukan masalah sederhana, harus mempelajari aturan lainnya seperi BPOM, BSN dan lain-lain.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com