Pendapatan Negara di RAPBN 2018 Bisa jadi Sinyal Positif untuk IHSG

Ilustrasi. (FOTO: Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan berpeluang menguat didukung oleh sentimen positif dari bursa global.

Sementara berdasarkan faktor domestik, data domestik Pemerintah memproyeksikan pendapatan negara dalam RAPBN 2018 sebesar Rp1.878,44 triliun, tumbuh 8,20 persen yoy, hal ini bisa menjadi sinyal positif untuk market.

“Sedangkan pernyataan The Fed yang cukup hawkish menguatkan dolar index, sehingga hari ini kami estimasikan rupiah cenderung tertekan,” demikian dijabarkan Tim Samuel Research, dalam riset hariannya, Rabu 16 Agustus 2017.

Adapun bursa saham AS ditutup cenderung flat sejalan dengan pelemahan saham Home Depot dan peritel. Sementara itu, penjualan ritel AS mencatat kenaikan pada Juli 2017 didorong oleh pembelian kendaraan bermotor dan juga pengeluaran tersier.

Di sisi lain, keputusan Korea Utara menunda keputusan untuk menembakkan rudal ke Guam sementara, menambah keyakinan investor. Untuk Bursa Eropa, ditutup menguat setelah ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan Korea Utara mereda.

Sementara itu, laporan kinerja emiten yang sesuai estimasi juga masih menjadi sentimen penggerak indeks. Harga minyak mentah naik tipis menyusul laporan yang menunjukkan penurunan besar pada cadangan minyak AS, namun perlu diwaspadai adanya kekhawatiran tentang lonjakan output minyak shale.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com