Penimbunan Bawang di Jakarta Berdampak ke Tegal

Bawang Putih (MI/Susanto).

Metrotvnews.com, Tegal: Penimbunan bawang putih sebanyak 182 ton di Jakarta, berdampak pada kosongnya stok bawang putih di sejumlah daerah.

Di Kota Tegal, Jawa Tengah, ketersediaan atau stok komoditas tersebut mengalami kekosongan. Pengecekan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perdagangan) Kota Tegal di sejumlah gudang milik distributor, membuktikan hal itu.

“Kami sudah cek hasilnya stok bawang putih kosong karena tidak ada pengiriman dari Jakarta. Gudang distributor bawang putih yang kami cek di Jalan Kaloran dan Jalan Kapten Sudibyo,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan Agus Teguh Raharjo, melalui Kepala Seksi Perdaganga  Suliyanta, dikutip dari Media Indonesia, Minggu 21 Mei 2017.

Suliyanta menjelaskan, berdasarkan informasi dari Kementerian Perdagangan, kekosongan stok akan segera teratasi. Sebab, setelah penimbunan terungkap, bawang putih sudah mulai bisa didistribusikan kembali ke daerah.

Menurut Suliyanta, dari laporan yang ada, harga bawang putih berada di kisaran Rp50 ribu per kg. Kementerian Perdagangan telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk sejumlah bahan pokok.

“Gula pasir Rp12.500 per kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.500 per liter dan daging beku Rp80.000 per kg. Harga eceran tertinggi (HET) tersebut berlaku sampai 10 September,” jelasnya.

(SAW)

Copyright : metrotvnews.com