Polresta Pekanbaru gencarkan patroli rumah kosong

Pekanbaru (ANTARA News) – Satuan Sabhara Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menggencarkan patroli di pemukiman warga guna mengantisipasi pencurian rumah kosong di saat mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Kami ingin memastikan situasi masyarakat aman dan tenang selama meninggalkan rumahnya,” kata Kepala Sat Shabara Polresta Pekanbaru, Kompol Lilik Surianto di Pekanbaru, Kamis.

Tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi kebiasaan sejumlah warga Kota Pekanbaru yang mayoritas berasal dari luar. Rumah warga yang dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik tersebut meningkatkan risiko terjadinya tindakan kriminal pencurian atau pembobolan rumah.

Selain patroli, Lilik menambahkan bahwa semua pihak terkait juga dimobilisasi untuk menjaga keamanan selama libur lebaran di wilayah masing-masing. Diantaranya hansip, satuan pengamanan pemukiman, Rukun Tetangga, Rukun Warga ataupun pihak kelurahan.

“Kami akan lakukan patroli rutin dari pagi hingga malam guna menekan angka pencurian di rumah kosong selama lebaran dengan melibatkan sejumlah elemen masyarakat, mulai tingkat kecamatan hingga RT,” ungkapnya.

Lilik juga menyarankan kepada warga untuk segera menginformasikan jika memang rumahnya kosong kepada masing-masing RT. “Hal ini agar mempermudah pendataan rumah- rumah kosong yang akan menjadi sasaran aksi pencurian,” tuturnya.

Selain ke rumah warga, saat libur panjang ini Sat Sabhara juga meningkatkan patroli di tempat rekreasi masyarakat. Seperti objek wisata yang ada di wilayah hukum Polresta Pekanbaru yakni Danau buatan dan Wisata Alam Mayang.

Di lokasi polisi mengimbau agar selalu berhati- hati serta waspada menjaga keselamatan. Terutama terhadap anak-anaknya yang sedang bermain di dekat pinggir danau supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com