Presiden bentuk Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila

Jakarta (ANTARA News) – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah menerbitkan dan menadatangani Perpres Nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Akan disampaikan besok. Karena besok memperingati Pancasila 1 Juni di Pejambon, dalam acara itu Presiden akan menyampaikan hal ini, salah satunya,” kata Pramono usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu.

Pramono mengungkapkan unit kerja tersebut di bawah langsung Presiden, dan organisasi terdiri dari dewan pengarah dan dipimpin seorang kepala.

Dia mengungkapkan bahwa dewan pengarah sebanyak sembilan, yang terdiri dari unsur negarawan, akademisi, tokoh berlatar belakang keagamaan, TNI/Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Nama-namanya sudah ada di Presiden. Dan Insya Allah besok disampaikan oleh Presiden,” kata Pramono.

Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila ini dipimpin oleh Kepala Unit, tiga deputi serta dibantu oleh eselon satu lainnya agar organisasi ini bisa operasional.

Pramono mengatakan unit kerja ini mendorong masyarakat agar lebih mencintai, memahami Pancasila sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dia juga menegaskan bahwa program pembinaan tidak dilaksanakan secara dogmatis seperti masa lalu, tapi lebih disinergikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pramono juga mengungkapkan pembinaan ideologi Pancasila ini juga akan diprogramkan masuk dalam kurikulum pendidikan.

(T.J008/B008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com