PREVIEW Liga 1: Madura United – Barito Putera


OLEH   DONNY AFRONI


Catatan impresif Barito Putera di delapan pertandingan terakhir membuat Madura United harus bekerja keras untuk mendulang angka penuh ketika kedua tim saling bentrok di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (5/11) malam WIB.

Dalam delapan laga terakhir, Barito Putera memperoleh masing-masing empat kemenangan dan imbang. Torehan ini menjadi perhatian penuh pelatih Gomes de Oliviera yang berusaha mematahkan catatan positif tim tamu.

“Saya dengar Barito sudah delapan kali tidak terkalahkan. Kami harus berjuang keras memenangkan pertandingan ini. Kami tahu mereka punya beberapa pemain berkualitas. Kami harus menjaga pemain mereka, disiplin saat kehilangan bola. Kami masuk lapangan harus dengan konsentrasi penuh,” ujar Gomes.

Pada laga ini, Laskar Sape Kerrab tidak mendapat dukungan penuh dari fans akibat sanksi dari komisi disiplin (Komdis) PSSI. Mereka juga kehilangan kapten sekaligus palang pintu Fabiano Beltrame. Namun Gomes menegaskan hal itu tidak memberikan pengaruh terhadap motivasi pemainnya.

“Tantangan-tantangan dari dalam dan luar harus kami hadapi bersama. Tapi keuntungan kami adalah tetap bermain di Madura. Ini kandang kami. Kami harus mengambil momentum ini untuk memenangkan pertandingan, dan kembali ke papan atas,” ucap Gomes.

Di lain kubu, absennya penonton di tribune dianggap bukan sebagai keuntungan bagi Barito Putera. Pelatih Jacksen F Tiago mengatakan, sekalipun bermain di kandang lawan, anak asuhnya tetap membutuhkan kehadiran suporter.

“Tim manapun kalau bermain di pertandingan tanpa penonton akan terasa sepi. Ini juga berpengaruh buat kami. Tim pelatih harus bekerja keras untuk memompa semangat pemain, mereka juga tidak boleh kehilangan konsentrasi,” ucap Jacksen.

Jacksen menegaskan, kehadiran mereka di Madura juga untuk mengganggu calon lawan yang sedang memburu gelar juara. Sebelumnya, Barito Putera sempat merusak ambisi calon juara ketika mengalahkan Bhayangkara FC, serta menahan imbang Bali United dan PSM Makassar.

“Kami pun berambisi menempatkan Barito di posisi yang lebih terhormat. Kami mempersiapkan diri untuk menghadapi Madura mulai dari kiper sampai pemain depan, termasuk cadangan. Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Apalagi semua pemain Madura punya kemampuan cetak gol,” ucap Jacksen.

“Kami sangat siap menjalani pertandingan, karena kami juga ingin menjegal kandidat juara. Kami selalu menganalisis calon lawan. Itu yang membuat kami lebih mudah mengatasi serangan-serangan lawan,” tambah bek Muhammad Rifqi.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Madura United: Hery Prasetyo; Asep Berlian, Munhar, Fachruddin Aryanto, Andik Rendika Rama, Dane Milovanovic, Slamet Nurcahyono, Engelberd Sani, Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Peter Odemwingie.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Ambrizal, Aaron Evans, Muhammad Rifqi, Nazar Nurzaidin, Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Matias Cordoba, Rizky Pora, Douglas Packer, Willian Lira.

Footer Goal Indonesia Instagram

Sumber RSS / Copyright : goal.com