PREVIEW Uji Coba: Indonesia – Suriah U-23


OLEH   FARABI FIRDAUSY


Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Suriah U-23 pada laga uji coba, di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (18/11) malam. Pada pertandingan tersebut, Indonesia akan diperkuat delapan pemain senior tambahan.

Dua hari sebelumnya, timnas U-23 harus menelan kekalahan tipis, 3-2, dari Suriah. Pertandingan tersebut berjalan terbuka dan ketat untuk kedua tim, namun laga ini diyakini akan berbeda dengan keberadaan pemain senior.

Delapan pemain tambahan yang akan menghiasi skuat Luis Milla antara lain kiper Andritany Ardhiyasa, Fachruddin Aryanto, Achmad Jufriyanto, Muhammad Taufiq, Andik Vermansah, Bayu Pradanda, Boaz Solossa serta debutan Ilija Spasojevic.

Partai ini jelas paling spesial untuk Spasojevic yang baru saja mendapat panggilan timnas selepas mengantongi status sebagai Warga Negara Indonesia. Musim ini Spaso memang subur sebagai mesin gol untuk Bhayangkara FC, di Liga 1.

“Keberadaan Spaso adalah solusi, terlebih dia sudah mendapatkan hal tertinggi di level kompetisi dengan menjadi juara bersama Bhayangkara,” papar Milla, soal keberadaan striker berdarah Montenegro itu.

Sayangnya, Garuda tak bisa diperkuat bek kiri Rezaldi Hehanussa karena cedera hamstring saat pertemuan pertama. Sektor tengah Indonesia juga kemungkinan tanpa Evan Dimas Darmono, yang juga mengalami cedera.

“Evan sedikit terasa sakit lututnya karena banyaknya pertandingan di kompetisi dan kemarin dia paksakan main,” kata asisten pelatih, Bima Sakti. Evan sendiri menjalani latihan terpisah, ketika rombongan senior sudah gabung.

Terkait kekuatan dari Suriah, Bima menjelaskan bahwa timnya sudah belajar dari kekalahan pada pertandingan pertama. Keberadaan pemain senior membuat mantan kapten timnas Indonesia itu yakin hasil akhir di laga nanti akan berbeda.

“Kami sudah latihan antisipasi untuk serangan Suriah esok hari (nanti malam), bagaimana cara mereka bermain, karena mereka punya serangan balik yang cepat dan pressing yang ketat,” pungkas pria 41 tahun itu.

Di sisi lain, pihak Suriah berharap pertandingan kedua akan lebih berkualitas. Jika Indonesia menjadikan partai ini sebagai persiapan Asian Games yang baru dimulai Agustus 2018, Suriah menjadikan laga ini sebagai persiapan Piala Asia U-23 2018, yang start Januari.

“Kami berharap pertandingan kedua akan lebih bagus dan berkualitas. Kami juga sangat berharap para pemain bisa bermain lebih aman untuk menghindari cedera,” kata pelatih Suriah, Hussein Afash.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Bayu Pradana, Taufiq; Andik Vermansah, Egy Maulana Vikri, Boaz Solossa; Ilija Spasojevic.

Suriah: Yazen Qurabi; Jihad Busmar, Fares Arnaout, Abdullah Jniat, Ahmad Ashkar; Ahmad Alghalab, Mouhamad Anez, Yousef Al Hamwi; Mohamad Zeid Ghrir, Al Rahman Barakat, Moumen Naji.

Sumber RSS / Copyright : goal.com