Rekan Setim Victor Igbonefo Tersangkut Kasus Pengaturan Pertandingan


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


Kompetisi teratas Thailand terguncang dengan adanya penemuan kasus pengaturan pertandingan. Saat ini federasi sepakbola Thailand (FAT), bersama kepolisian sedang mencari siapa saja yang terlibat dalam tindakan tidak perpuji tersebut. 

Sedikitnya, ada 12 orang yang terindikasi terlibat kasus tersebut. Di mana salah satunya adalah rekan setim pemain timnas Indonesia Victor Igbonefo, di Nakhon Ratchasima FC yakni Veera Kerdpudsa.

Selain itu, ada empat pemain Navy FC yang diduga terlibat, Suthipong Laoporn, Suvitthaya Namsinlak, Seksan Chaothonglang, dan Narong Wongthongkham. Klub tersebut tentu tidaklah asing buat pecinta sepakbola nasional, karena Igbonefo pernah merumput di sana. 

Tak hanya pemain saja yang dirasa melakukan aksi keji yang mencoreng sepakbola Thailand. Melainkan dua wasit Phumrin Khmaruen dan Theerachit Sitthisuk serta direktur Sisaket FC Cherdsak Boonchu, diduga berperan dalam pengaturan pertandingan ini.

FAT langsung bertindak cepat dengan meminta surat perintah ke pengadilan pidana Thailand agar bisa menangkap 12 orang tersebut. Itu karena Negeri Gajah Putih sangat mengharamkan pengaturan pertandingan sepakbola seperti negara-negara lainnya.

“Pengaturan pertandingan sudah dilakukan dengan waktu yang lama. Saatnya kita memberantas kesalahan ini yang seperti penyakit buruk di tubuh kita yang perlu disembuhkan,” kata presiden FAT Somyot Poompanmoung yang saat jumpa pers yang didampingi kepala polisi nasional Chakthip Chaijinda dikutip dari Goal Thailand.

Kabarnya, bila terbukti 12 orang tersebut benar-benar mengatur pertandingan bakal dikenakan denda sekitar 500.000 baht dan dipenjara selama lima tahun. Itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Thailand.

Berikut ini daftar orang yang diduga melakukan pengaturan skor:

1. Suthipong Laoporn (Navy)
2. Narong Wongthongkham (Navy)
3. Suvitthaya Namsinlak (Navy)
4. Seksan Chaothonglang (Navy)
5. Veera Kerdpudsa (Nakhon Ratchasima FC)
6. Phumrin Khmaruen (Wasit)
7. Theerachit Sitthisuk (Wasit)
8. Cherdsak Boonchu (Direktur Sisaket FC)
9. Wallop Saman
10. Kittiphum Paphunga
11. Setprasit Kamolwattana
12. Pakphum Punnikul

Sumber RSS / Copyright : goal.com