Rizal Ramli Temui Menteri Susi di Rumah Dinas, Ada Apa?

Jakarta – Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menemui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kemarin. Ini yang dibicarakan.

Rizal Ramli yang menyambangi Susi di rumah dinasnya berdiskusi mengenai kondisi nelayan di Pantura. Rizal meminta, ribuan kapal nelayan di atas 30 DWT agar diberikan izin tangkap di daerah Natuna. Sebab, daerah itu dekat dengan pasar potensial seperti Singapura, Hong Kong, Taiwan dan sebagainya.

“Kapasitas tangkap sustainable di Natuna akan naik dari 16% ke 90-an%, nelayan dan kapal asal Pantura akan lebih makmur,” tutur Rizal dalam keterangannya, Minggu (7/1/2017).

Sehingga di pantura Jawa, kata Rizal kapal di bawah 30 DWT tidak lagi harus bersaing dengan kapal yang di atas 30 DWT, dan bisa menangkap ikan lebih banyak.

Menanggapi hal itu, Susi dengan bersemangat setuju dengan saran Rizal Ramli. Tujuannya, agar nelayan dan pengusaha kapal ikan di Pantura bisa hidup lebih makmur, sekaligus menjaga sustainability laut Pantura.

Menurut Rizal Ramli, jika dilaksanakan, itu akan memperkuat existensi dan kedaulatan NKRI di kepulauan Natuna dan Laut Natuna Utara.

(ang/zlf)

Sumber RSS / Copyright : detik.com