Rusia, Pakistan dan China Adakan Latihan Militer Bersama

Pasukan komando Pakistan dan Rusia telah melancarkan latihan kontra-terorisme bersama di pegunungan dan hutan Republik Karachaevo-Cherkessia, Kaukasus Utara, Rusia.

Latihan selama dua minggu yang dinamakan “Friendship 2017″ melibatkan lebih dari 200 yang sebagian besar pasukan khusus dari kedua negara yang akan melakukan “pertolongan sandera” bersama dan operasi “pengepungan-dan-pencarian.” Demikian menurut militer Pakistan.

“Latihan bersama itu akan meningkatkan dan memperkuat lebih jauh hubungan militer antara kedua negara dan berbagi pengalaman tentara Pakistan dalam perang melawan terorisme,” tambahnya.

Sementara itu, latihan bersama selama hampir 3-pekan angkatan udara yang dijamu oleh China dengan Pakistan akan selesai pekan ini. Seorang jurubicara angkatan udara China menyebutnya latihan “rutin.”

Hubungan politik, ekonomi dan pertahanan Pakistan yang mendalam dengan sekutu tradisional China dan persetukutuan yang baru muncul dengan Rusia terjadi sementara hubungan Islamabad dengan Amerika Serikat semakin menurun dan tegang.

Ketegangan hubungan itu disebabkan tuduhan Amerika yang tetap bahwa Pakistan tidak berbuat cukup untuk mencegah kelompok-kelompok teroris di wilayahnya melakukan serangan maut terhadap pasukan Amerika di Afghanistan dan merongrong usaha membina perdamaian di negara yang dilanda perang itu. [gp]

Sumber RSS / Copyright : voaindonesia.com