Satgas Pangan: RI Butuh Badan Pengawas Harga

Jakarta – Lonjakan harga sejumlah bahan pangan kerap terjadi. Ada banyak penyebabnya, salah satunya ialah adanya pihak-pihak yang mencoba memainkan harga.

Kadiv Humas Mabes Polri sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Irjen Pol Setyo Wasisto, mengatakan untuk dapat menjaga harga pangan tetap stabil perlu dibuat sebuah badan khusus untuk mengawasi harga pangan.

“Kalau menurut saya (perlu) badan pengawas harga-harga bahan pokok. Itu di Malaysia ada,” kata Setyo kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Setyo menjelaskan, badan tersebut tidak sekadar mengawasi harga, namun juga memiliki kewenangan terhadap penegakan hukum, bila ada pihak-pihak yang tidak mengikuti acuan harga yang ditetapkan.

“Kalau yang tidak sesuai dengan harga yang ditetapkan ya ditindak,” kata Setyo.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, fungsi badan pengawas harga tersebut nantinya mirip dengan yang saat ini dilakukan oleh Satgas Pangan. Bedanya, badan pengawas harga tersebut dibentuk secara permanen.

“Satgas ini kan sifatnya hanya sementara. Ini menghadapi hari besar keagamaan nasional. kalau yang itu (badan pengawas harga) harusnya badan permanen, dan tugasnya mengawasi semuanya,” kata dia.

“(Satgas Pangan) sebetulnya mengantisipasi, tapi sebetulnya kita berharap ini kita bisa ditindaklanjuti sampai dengan menjadi suatu badan permanen yang memang mengawasi. Karena menurut syaa memang harga-harga pokok ini perlu diawasi dikendalikan,” tutupnya. (mkj/mkj)

Copyright : detik.com