Sesumbar Bawa Jutaan Massa untuk Aksi, Ternyata Cuma Sebegini

Sesumbar Bawa Jutaan Massa untuk Aksi, Ternyata Cuma Sebegini - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Pelataran Masjid Istiqlal pada siang hingga sore hari tadi (9/6) menjadi lokasi Aksi Bela Ulama atau Aksi 96. Namun, jumlah massa yang ikut aksi itu tak seperti gembar-gembor sebelumnya.

Dari pantauan kepolisian, massa Aksi 96 tak menyentuh angka ribuan. Padahal, sebelumnya panitia aksi dari Presidium Alumni 212 sudah mengklaim akan menghadirkan jutaan pendukung M Rizieq Shibah.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Ridwan R Soplanit mengatakan bahwa berdasar pengamatannya, massa Aksi 96 memang ratusan orang. Bahkan kesan yang muncul adalah massa aksi berkumpul seraya menunggu berbuka puasa.

“Bukan aksi ya, mereka cuma menyerukan untuk konsolidasi saja. Mereka di lapangan parkir saja. Mereka hanya menyerukan konsolidasi bahwa mereka akan ke Komnas HAM,” kata Ridwan saat dikonfirmasi, Jumat (9/6).

Massa juga menggelar aksi mengumpulkan koin di pelataran parkis Masjid Istiqlal. Sebab, pengelola Masjid Istiqlal juga sedang menggelar acara di dalam.

Karenanya, aksi yang dimulai selepas salat jumat itu berakhir seiring buka puasa. “Konsolidasi untuk agenda mereka saja sampai nungguin buka puasa,” pungkas Ridwan.

Sebelumnya Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo menyargetkan ada tujuh juta orang yang ikut dalam Aksi 96. Dia bahkan mengajak umat Islam membuat rekor salat tarawih dengan jumlah jemah paling banyak.

Namun, ternyata massa Aksi 96 siang tidak lagi tak sesuai target panitia. Sambo lantas menuding pengelola Masjid Istiqlal telah ditekan oleh penguasa agar tidak memberi memberi izin penggunaan tempat bagi pelaksanaan Aksi 96.

Copyright : jpnn.com