Studi: Anak Bilingual Lebih Baik dalam Hal Mengenali Suara

Sebuah penelitian baru menemukan manfaat lain dari kemampuan menguasai lebih dari dua bahasa. (Foto: Specialist Language Courses)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki kemampuan bilingual diketahui memberikan banyak manfaat seperti konsentrasi yang lebih baik dan kemampuan interpersonal yang meningkat. 

Sebuah penelitian baru menemukan manfaat lain dari kemampuan menguasai lebih dari dua bahasa lain tersebut, yaitu dapat mengenali suara dan melihat informasi tentang siapa yang berbicara daripada teman sebayanya yang monolingual.

“Anak dengan kemampuan bilingual memiliki kemampuan konseptual ketika memproses informasi tentang suara pembicara,” tukas Susannah Levi, pemimpin studi dari NYU Steinhardt. 

Kemampuan tersebut, lanjutnya, bermanfaat dalam aspek sosial dari persepsi berbicara dimana fokus tak hanya pada informasi linguistik yang disampaikan namun juga siapa yang berbicara. 

(Baca juga: Berbicara Lebih dari Satu Bahasa Pertajam Otak)

Penelitian tersebut melibatkan 41 anak-anak dimana 19 anak bilingual dan sisanya monolingual dengan bahasa Inggris dan bahasa lain selain bahasa Jerman) sebagai bahasa keseharian. 

Para partisipan dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan usia, di bawah dan diatas 10 tahun, dan diminta untuk untuk melakukan beberapa tugas untuk melihat bagaimana kemampuan mereka dalam mengenali suara, misalnya mendengarkan seseorang berkata dalam bahasa Inggris namun aksen Jerman. 

Kemudian mereka mendengar kosa kata Jerman dan ditanyai apakah kata tersebut diucapkan oleh orang yang sama dengan sebelumnya. Hasilnya, anak bilingual menunjukkan performa yang lebih baik. 

“Studi ini cukup kuat menunjukkan manfaat dari kemampuan bilingual karena adanya perbedaan pada kedua bahasa yang digunakan, baik yang familiar atau tidak,” tukas Levi. 

Menurutnya ada beberapa alasan dibaliknya, seperti karena anak bilingual terbiasa mendengarkan aksen dan bahasa yang beragam, mereka lebih bisa berkonsentrasi, memiliki kontrol kognitif dan kemampuan persepsi sosial yang lebih kuat. 

(TIN)

Copyright : metrotvnews.com