Suku Bunga Deposito akan Turun ke 6,35%

Metrotvnews.com, Jakarta: Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) berencana untuk penurunan suku bunga deposito khusus atau special rate. Saat ini rata-rata special rate di empat bank milik negara yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN adalah 6,75 persen.

“Saat ini bunga deposito special rate di Himbara 6,75 persen, kami akan usahakan nanti maksimal 6,35 persen,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo ditemui di Menara Mandiri, Plaza Bapindo, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin 25 September 2017.

Penetapan ini diharapkan dapat menurunkan biaya dana ke arah yang lebih rendah sehingga mencapai target bunga kredit satu digit. Upaya ini juga sejalan dengan penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia maupun suku bunga untuk obligasi pemerintah.

“Harapan kita memang dengan efektifitas kalau bunga obligasi lebih rendah, persaingan spesial rate ini khususnya untuk bank yang beda BUKU ini bisa lebih diparalelkan. Ini kalau bunga deposito bisa diturunkan jauh kita bisa fast on ke bunga kredit,” jelasnya.

Meski begitu, Tiko mengakui jika dalam menurunkan special rate ini diperlukan pengaturan pasar dari regulator. Hal ini diharapkan dapat menjaga agar para deposan tidak beralih ke bank lain yang menawarkan suku bunga deposito lebih tinggi.

“Pengaturan pasar itu semacam capping, artinya kalau kita agresif turunkan tapi enggak ada pengaturan pasar itu uangnya bisa pindah ke bank lain besar-besaran. Ini jaraknya enggak bisa jauh juga,” pungkas dia.

Di Bank Mandiri sendiri, 80 persen dari bunga deposito merupakan jenis spesial rate sehingga penurunannya perlu kesepakatan serta ketentuan yang tepat. Dengan begitu bank juga tetap bisa menjaga pendanaan mereka.

(SAW)

Sumber RSS / Copyright : metrotvnews.com