Sumbar pusatkan Shalat Id di kantor gubernur

Padang (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di halaman kantor gubernur pada waktu yang ditetapkan melalui sidang Isbat pada Sabtu (24/6) sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kemungkinan Minggu (25/6). Namun pastinya tetap menunggu hasil sidang,” kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sekretariat Provinsi Sumbar, Syahril di Padang, Rabu.

Pelaksanaan shalat Id di halaman kantor gubernur tersebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan pertimbangan keutamaan pelaksanaan di lapangan dan daya tampungnya lebih dari 10 ribu orang.

Sholat selambat-lambatnya dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan khatib Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Prof dr Edi Syafri dan imam pelatih tilawah, Rafles.

Sejumlah kantor di sekitar kantor gubernur akan dijadikan tempat parkir kendaraan masyarakat, termasuk juga sebagian ruas jalan dan halaman rumah masyarakat.

“Untuk rumah masyarakat ini kita berkoordinasi dengan Dinas Pol PP dan Biro Umum untuk meminta izin,” kata dia.

Beberapa tempat berwudhu tambahan juga akan disiapkan di sekitar lokasi agar jamaah merasa nyaman.

“Evaluasi dari pelaksanaan tahun lalu, suara khatib tidak terdengar hingga barisan belakang. Hal itu telah dikoordinasikan dengan Biro Umum Sekretariat Provinsi Sumbar agar disediakan sound sistem yang lebih memadai,” ujar Syahril.

Selain itu pemerintah juga mempersiapkan Masjid Raya Sumbar sebagai tempat alternatif pelaksanaan shalat Id jika cuaca buruk.

“Listrik dan air kita siapkan di Masjid Raya Sumbar sebagai tindakan antisipasi. Sementara untuk shalat bisa di lantai dua,” kata dia.

Sementara itu Kepala Biro Umum Sumbar Kuswandi mengatakan pihaknya menyiapkan sound sistem tambahan agar seluruh jamaah bisa mendengar ceramah.

Persiapan lain seperti petugas pengumpul infak juga disiapkan untuk melayani jamaah.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com