Syahrul: Pancasila sudah final untuk Indonesia

Makassar (ANTARA News) – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa ideologi Pancasila sudah final untuk Indonesia.

“Bangsa dan Pancasila bagi kita sudah final, tidak boleh ada polarisasi bagi agama, suku, dan adat istiadat, ” tegas Syahrul pada puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila di Makassar, Kamis.

Pancasila sebagai ideologi bangsa, kata dia, juga mengandung nilai-nilai yang serupa dengan kearifan lokal Bugis Makassar, yakni Siri Na Pacce.

“Siri Na Pacce merupakan filosofi hidup masyarakat Sulsel yang berarti menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian, dan ini terjabar dalam Pancasila,” ucapnya.

Syahrul juga mengaku bangga dengan penyelenggaraan upacara memperingari Hari Lahir Pancasila ini.

Pada kesempatan itu, gubernur juga menyampaikan sambutan seragam Presiden RI Joko Widodo yang intinya bagaimana bangsa Indonesia memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan menjadikan acuan setiap sila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peringatan hari lahir Pancasila itu dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Numang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latif, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel, pegawai, TNI, Polri, hingga anak sekolah.

Sebuah spanduk besar terletak di pojok kiri lapangan upacara bertuliskan, “Saya Indonesia, Saya Pancasila” memberi penegasan bagaimana komitmen bangsa Indonesia dalam memaknai Pancasila.

(T.KR-NJP/E001)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com