Terkait 1MDB, Leonardo DiCaprio Kembalikan Piala Oscar

Jum’at, 16 Juni 2017 | 19:10 WIB

Terkait 1MDB, Leonardo DiCaprio Kembalikan Piala Oscar

Aktor Leonardo DiCaprio. AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO.CO, Los Angeles – Aktor kenamaan Holywood Leonardo DiCaprio mengembalikan piala Oscar kepada pemerintah Amerika Serikat yang menyelidiki tuduhan pencucian uang terkait dengan dana 1MDB.

Piala Oscar ini bukanlah penghargaan yang diterima DiCaprio sebagai aktor terbaik dalam film The Revenant pada 2016.

Melainkan piala Oscar milik aktor legendaris Marlon Brando yang dihadiahkan kepada DiCaprio oleh produser film asal Malaysia, yang dituding terlibat dalam penggelapan dana perusahaan investasi pelat merah 1MDB.

Baca: Pemerintah Amerika Serikat Bidik 1MDB

Sejak Oktober 2016, DiCaprio berjanji siap bekerjasama dalam penyelidikan itu dan akan memulangan semua hadiah atau sumbangan diterimanya, jika ditemukan datang dari sumber yang disengketakan.

“Dia mengembalikan piala Oscar yang dimenangkan Marlon Brando dan diberikan kepadanya sebagai hadiah oleh Red Granite sebagai tanda terima kasih kepada DiCaprio untuk kerjanya dalam ‘The Wolf of Wall Street’,” kata pernyataan Yayasan Leonardo DiCaprio pada Kamis lalu.

1Malaysia Development Berhad adalah lembaga investasi yang didirikan Pemerintah Malaysia untuk memberikan manfaat pada rakyatnya. Gagasannya, 1MDB akan berinvestasi dalam sejumlah proyek di seluruh dunia, kemudian keuntungannya akan dikembalikan pada rakyat Malaysia.

Namun, menurut agen federal AS, dana dalam jumlah besar justru dikuras oleh mereka yang korup dan punya koneksi dengan penguasa

Juli tahun lalu, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat menuduh rumah produksi Hollywood, Red Granite yang dimiliki oleh anak tiri Perdana Menteri Najib Razak, menggunakan dana sebesar US$ 100 juta dari dana 1MDB untuk membiayai film “The Wolf of Wall Street” yang dibintangi DiCaprio pada 2013.

Selain itu, kementerian dalam gugatan terbaru yang diajukan pada Kamis, 15 Juni 2017, menyita lukisan Picasso dan Jean-Michel Basquiat yang diduga dibeli dengan dana 1MDB dan dihadiahkan kepada DiCaprio oleh rekannya di Red Granite. Bintang Tintanic itu mendapat lukisan itu saat hari ulang tahunnya yang ke 38.

Namun pernyataan dari perwakilan DiCaprio tidak menjelaskan jika aktor itu sudah mengembalikan 2 lukisan itu dan sepotong gambar Diane Arbus yang turut tercantum dalam gugatan kementerian.

Baca: Kasus Korupsi PM Malaysia, Singapura Sita Aset 1MDB

Aset lain yang ditargetkan dalam permohonan diajukan di pengadilan California adalah hak cipta terkait 2 film komedi, “Dumb and Dumber To” yang dibintangi Jim Carrey, dan “Daddy s Home” yang dibintangi aktor Will Ferrell. Kedua film ini diduga didanai dengan uang milik 1MDB.

Dalam pernyataanya pada Kamis, Red Granite mengatakan, sedang bernegosiasi dengan DOJ untuk mencari solusi dan akan bekerja sama dalam penyelidikan tersebut.

Meskipun demikian, DiCaprio tidak menghadapi tuduhan kriminal atau tuntutan perdata terkait skandal 1MDB.

ASIA CORRESPONDENT | FREE MALAYSIA TODAY | YON DEMA

Copyright : tempo.co