Teror salat Jumat Mesir: terparah sejak 9/11, Jokowi mengutuk

Ambulans tiba untuk menolong para korban serangan di masjid Rawda dekat El-Arish pada 24 November 24 2017.Hak atas foto AFP/Getty Images
Image caption Ambulans tiba untuk menolong para korban serangan di masjid Rawda dekat El-Arish pada 24 November 24 2017.

Serangan di sebuah masjid di Sanai adalah salah satu serangan terparah sejak insiden 9/11 di Amerika Serikat. Presiden Joko Widodo pun mengutuk keras serangan tersebut.

Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa Indonesia bersama dengan Mesir dalam situasi sulit tersebut.

“Negara kita mengutuk keras serangan yang ada di Mesir, di Sinai Utara. Duka dan simpati yang mendalam dari seluruh rakyat Indonesia baik kepada pemerintah Mesir dan maupun kepada korban”, kata Jokowi kepada para wartawan seusai acara adat pernikahan anaknya Kahiyang Ayu di Medan, Sumatera Utara.

Jokowi menambahkan bahwa “kerja sama dalam memerangi terorisme, radikalisme adalah kewajiban kita bersama.”

Serangan di masjid di Sinai, Mesir, itu menewaskan 235 orang dan menjadi salah satu serangan yang paling mematikan sejak insiden 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Berikut daftar serangan terorisme terparah sejak 9/11 yang dirangkum oleh kantor berita Prancis AFP:

Hak atas foto Mario Tama/Getty Images
Image caption Asap membumbung tinggi dari menara kembar World Trade Center pada 9 NOvember 2011.

Serangan 9/11 di AS: hampir 3.000 tewas

Ini adalah serangan paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat. Empat pesawat penumpang dialihkan dan tiga di antaranya ditabrakkan ke menara kembar World Trade Center di New York dan Pentagon di Washington DC. Kecelakaan keempat di Pennsylvania.

Serangan tersebut diklaim oleh Al-Qaeda dan menyebabkan sekitar 3.000 orang tewas

Hak atas foto MUJAHED MOHAMMED/GETTY IMAGES
Image caption Seorang perempuan Irak menangis di tenda tempat penampungan orang yang kehilangan rumah mereka setelah serangan Agustus 2007.

Serangan Irak 2007: 400 tewas

Pada 14 Agustus 2007, empat bom bunuh diri di truk meledak di desa-desa di Al-Khataniyah dan Al-Adnaniyah, yang sebagian besar dihuni oleh kelompok Yazidi di provinsi Nineveh, Irak.

Serangan serentak itu dituduh dilakukan oleh kelompok Islam Sunni, menewaskan lebih dari 400 orang.

Hak atas foto MOHAMED ABDIWAHAB/GETTY IMAGES
Image caption Serangan lanjutan di Mogadishu terjadi setelah bom truk pada 14 Oktober 2017.

Serangan Somalia 2017: 358 tewas

Sebuah bom truk di sebuah distrik komersial yang sibuk di utara Mogadishu menyebabkan 358 orang tewas di Somalia pada 14 Oktober 2017, dalam salah satu serangan yang paling mematikan yang menggunakan kendaraan sebagai senjata.

Tidak ada yang mengklaim di balik serangan tersebut, namun secara luas dilihat sebagai karya Shabaab, sebuah kelompok pejuang pemberontak yang bersekutu dengan Al-Qaeda.

Serangan Irak 2016: 323 tewas

Pada 3 Juli 2016 sebuah minibus yang berisi bahan peledak meledak, menewaskan 323 orang di sebuah jalan yang padat di pusat kota Baghdad. Serangan tersebut diklaim oleh kelompok yang disebut dengan Negara Islam atau ISIS.

Ledakan dahsyat itu, yang juga membakar beberapa bangunan dan rumah bertingkat satu, terjadi di Karrada, sebuah daerah perbelanjaan di ibukota yang kebanyakan dipenuhi kelompok Syiah yang ramai sebelum perayaan berakhirnya bulan Ramadhan.

Hak atas foto MOHAMED EL-SHAHED/GETTY IMAGES
Image caption Ambulans membawa jasad korban pesawat Rusia yang jatuh di Hassana, area pegunungan di Semenanjung Sinai di Mesir.

Serangan Mesir 2015: 224 tewas

Pada 31 Oktober 2015 sebuah pesawat jet milik Rusia yang meninggalkan Mesir menabrak semenanjung Sinai, menyebabkan semua orang di dalam pesawat berjumlah 224 orang tewas dan disebut sebagai kecelakaan udara terburuk di Rusia.

Kelompok terkait ISIS mengklaim bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat itu. Beberapa pakar tidak menutup kemungkinan adanya bom di dalam pesawat.

Hak atas foto SONNY TUMBELAKA/GETTY IMAGES
Image caption Monumen korban Bom Bali 2002 di Kuta, Bali.

Serangan Bali 2002: 202 tewas

Pada 12 Oktober 2002 serangan bom di sebuah restoran bar dan diskotek di Bali membuat 202 orang tewas, kebanyakan adalah turis asing. Serangan tersebut dilakukan oleh komando Jemaah Islamiyah yang terkait dengan Al-Qaeda.

Sumber RSS / Copyright : bbci.co.uk