TMMD Sebagai Langkah awal Pembinaan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Tujuan TMMD untuk Membantu Masyarakat dan Pemda dalam Pembangunan

Purwakarta (WartaMerdeka.id) – Didalam menyiapkan kekuatan Nasional, tentunya diperlukan pembinaan yang berkesinambungan maupun melalui program yang mendekatkan antara TNI dan Rakyat. Dan Program TMMD merupakan upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat yang harus tetap terpelihara sesuai dengan sistem pertahanan negara Indonesia.

Dalam kesempatan dimana TMMD ke – 100, yang direncanakan akan dilaksanakan oleh Kodim 0619 di Kab.Purwakarta dengan melaksanakan pembuatan jalan sepanjang ± 7,2 Km dengan Lebar 5 M, serta menghubungkan 2 Kecamatan dan juga membuka Akses jalan yang selama ini sangat diperlukan masyarakat Kab.purwakarta khususnya Kec.Kiara Pedes dan Kec, Cibatu.

Dimana Rakyat menjadi kekuatan Nasional, sebagai komponen utama dari system pertahanan negara, TNI merupakan penangkal utama, dan sebagai kekuatan inti dalam hubungan pelapisan sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Hankamrata).

Dari sisi tersebut di ataslah terlihat bagaimana rakyat merupakan bagian integral dari kekuatan Nasional yang dapat menjadi komponen cadangan dan itu pun kalau negara berada dalam keadaan darurat perang. Rakyat sebagai kekuatan cadangan dalam sistem pertahanan keamanan rakyat semesta memang harus dipersiapkan sedini mungkin. Sebagai bagian kekuatan Nasional maka rakyat dapat dimobilisasi sewaktu-waktu apabila TNI tidak mampu lagi menahan gerak maju musuh, maka TNI akan melaksanakan perang berlarut dengan bersandar kepada kekuatan rakyat.