Transmisi dan Gangguan Alam jadi Penyebab Byar-Pet Listrik

Metrotvnews.com, Sumbawa: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut penyebab listrik di daerah sering mati bukan murni karena kekurangan pasokan listrik. Terkait persoalan itu maka banyak kendala atau penyebab lain yang bisa membuat listrik itu byar pet seperti jaringan transmisi dan distribusi dan ketersediaan gardu induk

“Yang kedua, yang harus kita waspadai adalah gardu induk. Apakah gardu induknya itu memadai dan sehat yang ketiga adalah transmisi dan distribusi,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, di Sumbawa, NTB, Senin 25 September 2017.



Menurutnya, seluruh pembangunan infrastruktur kelistrikan harus dilakukan secara paralel. Sehingga tidak akan terjadi mati listrik dikarenakan salah satu infrastruktur belum terpasang. “Nah jangan sampai narasi keluar ini listriknya kurang. Belum tentu. Listrik mati hidup itu bisa jadi persoalan di transmisi dan gangguan alam,” ungkap dia.

Untuk di Nusa Tenggara Barat, khususnya Sumbawa, PLN tengah membangun jaringan interkoneksi Sumbawa Bima secara bertahap dan ditargetkan selesai pada 2018. Hal itu menjadi penting dilakukan agar ketersediaan listrik bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat setempat.

Jika Sumbawa dan Bima sudah terinterkoneksi dengan jaringan transmisi maka pasokan daya dari seluruh pembangkit dapat disalurkan ke seluruh pelanggan yang berada di Pulau Sumbawa, mulai dari Sumbawa Barat, hingga Kabupaten Bima.

(ABD)

Sumber RSS / Copyright : metrotvnews.com