Trump Kritik Wali Kota London Terkait Serangan Teror

Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkritik Wali Kota London Sadiq Khan atas respons terhadap serangan teror di Borough Market dan Jembatan London. 

Serangan penabrakan dan penusukan pada Sabtu 3 Juni 2017 itu menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 50 lainnya.

“Sedikitnya tujuh tewas dalam serangan teror dan Wali Kota London mengatakan tidak perlu khawatir!” tulis Trump di akun Twitter, seperti dikutip The Telegraph, Minggu 4 Juni 2017. 

Pernyataan Trump merespons ucapan Khan yang mengungkapkan rasa “duka” atas korban. Khan juga menegaskan bahwa “teroris tidak akan pernah bisa menang.”

“Warga London akan melihat lebih banyak polisi hari ini dan dalam beberapa hari ke depan.Tidak perlu khawatir,” kata Khan. 


Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP)

Karena tidak adanya senjata api dalam serangan teror di London, Trump menuliskan” “Apakah kalian menyadari tidak ada perdebatan mengenai senjata api saat ini? Karena mereka (teroris) menggunakan pisau dan truk!” 

Kritik Trump terhadap Khan memicu reaksi di media sosial. David Lammy, seorang kandidat anggota parlemen dari Partai Buruh Inggris, menilai sikap Trump sebagai “sesuatu yang murahan dan tidak merefleksikan pemimpin nasional.”

Perdana Menteri Inggris bertekad bersikap lebih tegas terhadap terorisme. Ia menilai perlu adanya perubahan, karena selama ini Inggris terlalu memberikan tolerasi terhadap tumbuh kembangnya ekstremisme.

(WIL)

Copyright : metrotvnews.com