Warga Australia Diminta Perbanyak Makan Kanguru, Ini Alasannya

Selasa, 12 September 2017 | 14:05 WIB
Kanguru merah (Macropus rufus). shutterstock.com

Kanguru merah (Macropus rufus). shutterstock.com.

TEMPO.CO, Canberra – Pemerintah Australia mendorong warganya agar lebih banyak makan daging kanguru karena populasi hewan ini mendekati 50 juta ekor.

Menurut data statistik yang dimiliki pemerintah pada 2016, jumlah binatang pelompat itu hampir 45 juta. Angka tersebut dua kali lipat dari jumlah penduduk Australia.

Pada 2010, populasi kanguru di Australia 27 juta ekor. Jumlah ini cepat berkembang menyusul kian membaiknya masalah lingkungan, termasuk meningkatnya intensitas hujan sehingga ketersediaan makanan buat kanguru semakin bagus.

Baca: Akhir 2003, Kangguru Asal Australia Ada di Ragunan

Saat ini, para ahli mendorong warga Australia berburu kanguru demi mengurangi populasinya.

Seorang guru besar dari Universitas Adelaide, David Paton, mengatakan warga Australia perlu memperhatikan daging kanguru agar tidak membuang bangkainya ketika binatang itu dimusnahkan.

Kepada ABC News, dia mengatakan, “Jika kita ingin memusnahkan hewan itu, kita harus melakukannya secara manusiawi. Namun kita juga mungkin harus memikirkan apa yang mungkin kita gunakan untuk hewan yang dibunuh itu.”

Dia menambahkan, “Kita seharusnya tidak cuma membiarkan mereka keluar di paddocks hanya untuk membusuk atau membiarkannya membusuk di dalam untuk.”

INDEPENDENT | CHOIRUL AMINUDDIN


Sumber RSS / Copyright : tempo.co